-->

MAMFAAT TRIPOD SAAT MEMOTRET



Tripod atau penyangga sebuah kamera adalah hal yang sering dipergunakan dalam dunia fotografi professional. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi sebagian besar orang terutama bagi para fotografer pemula. Kebanyakan dari mereka akan menanyakan kenapa harus menggunakan tripod untuk mengambil sebuah foto dan apa sebenarnya manfaat sebuah tripod itu sendiri.

Banyak orang yang enggan menggunakan tripod karena dinilai terlalu merepotkan. Belum lagi fakta bahwa kamera di masa sekarang sudah memiliki ISO tinggi yang memberi kecepatan shutter yang cepat dan juga adanya fitur image stabilizer yang dapat meredam getaran tangan sang fotografer itu sendiri. Dibalik semua kemajuan tekhnologi dan fitur-fitur modern yang dapat ditemukan pada sebuah kamera, guncangan akan tetap terjadi walaupun secara sekilas terlihat bahwa hasil foto yang diambil sudah cukup baik. Efek dari goncangan kamera dapat dilihat lebih jelas saat foto tersebut diperbesar atau dilihat lebih teliti.

Sebuah tripod akan memberikan manfaat pada seorang fotografer yaitu:

  • Mengeliminasi adanya guncangan kamera dan memberikan gambar yang jauh lebih halus.
  • Memudahkan sang fotografer dalam menggunakan shutter rendah
  • Memberikan fotografer rentang pemilihan aperture yang lebih luas
Dalam beberapa kondisi pemotretan, sebuah tripod mutlak diperlukan, contohnya saja dalam kondisi pemotretan yang disebutkan dibawah ini:

  • Fotografi menggunakan slow shutter speed. Pada kondisi pemotretan dengan menggunakan slow shutter speed (dibawah ¼ detik), sebuah tripod mutlak diperlukan karena fitur-fitur yang ada sperti image stabilizer tidak akan bisa meredam guncangan tangan.
  • Fotografi dengan menggunakan self timer. Sering kali seorang fotografer ingin masuk ke dalam object foto yang mereka ambil dan mereka menggunakan mode self time. Hal ini tentunya tidka kan bisa tercapai tanpa bantuan sebuah tripod.
  • Fotografi dengan menggunakan filter ND. Filter ND adalah jenis fitler yang sering digunakan untuk pemotretan landscape. Filter ini akan mengurangi jumlah cahaya yang masuk kedalam kamera sehingga sang fotografer bisa menggunakan shutter lambat untuk mendapatkan efek motion blur. Penggunaan shutter lambat memerlukan sebuah tripod unutk mendapatkan hasil terbaik seprti yang sudah disebutkan pada prinsip sebelumnya
  • Fotografi dengan menggunakan lensa tele. Lensa tele merupakan lensa yang sangat cocok untuk memotret objek di kejauhan karena memiliki jarak fokal yang panjang. Semakin panjang jarak fokal yang dipakai, resiko getaran tangan akan semakin tinggi dan saat inilah sebuah tripod menjadi mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya blur.

Berhati-hatilah dalam membeli tripod, karena tidak semua tripod cocok dengan kamera anda. Jenis kamera DSLR dengan lensa tele membutuhkan tripod yang baik dan cukup kuat untuk menyangga kamera sehingga tidak gampang jatuh. Sedangkan jenis kamera saku biasanya cocok dipasang pada semua jenis tripod.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MAMFAAT TRIPOD SAAT MEMOTRET"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel