-->

TIPS DASAR MENGUASAI FOTOGRAFI

    
Fotografi adalah sesuatu yang menyenangkan dan menarik bagi semua orang dengan berbagai usia dan latar belakang yang berbeda – beda. Apalagi saat ini didukung oleh kemajuan teknologi pada beberapata tahun terakhir ini, fotografi menjadi semakin mudah dipelajari dan semakin variatif namun tetap dengan semangat sungguh - sungguh. 

Dahulu anggapan bahwa hobi terhadap seni fotografi hanya untuk golongan tertentu (menengah ke atas). Dahulu Anggapan tersebut mungkin ada benarnya. Hal ini terkait dengan mahalnya harga unit kamera SLR (Single Lens Reflect), aksesoris serta penggunaan media film dalam operasionalnya.

Zaman Sekarang siapa yang tidak mengenal kamera? Anak kecil zaman sekarang pun sudah terbiasa memegang dan bergaya di hadapan kamera. Yang perlu dilakukanhanyalah menekan satu tombol, momen yang ingin disimpan dapat tertangkapoleh kamera. Pada hakikatnya, fotografi merupakan teknik untuk menghasilkan gambar yang tahan lama melalui suatu reaksi kimia yang terjadi, ketika cahaya menyentuh permukaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Untuk itu berikut ini tips dasar fotografi untuk pemula yang ingin memulai menekuni seni fotografi:

1. Kamera
Jauh sebelum anda mempelajari fotografi, hal paling penting adalah anda harus memiliki kamera – apapun jenisnya. Namun bagi Anda yang belum mampun membeli kamera, bisa diakali dengan meminjam ataupun patungan. Syarat dasar keberadaan perangkat ini dimaksudkan untuk memudahkan anda dalam mengenal dan mempraktekan teknik-teknik dasar fotografi.

2.Pengenalan Teknik Dasar
Teknik-teknik dasar yang wajib Anda kuasai sebagai langkah awal anda menekuni seni/hobi fotografi adalah Deep Of Field (DOF), Silhouette, Backlight, Foto Outdoor (ideal dilakukan antara pukul 07.00 - 10.00), Eksposure (Aperture/Diafragma, Speed, ISO/ASA), Komposisi.

3.Wawasan
Untuk lebih mengikuti perkembangan teknik fotografi, ada baiknya anda selalu meng-update wawasan anda melalui majalah, pameran, workshop, searching internet, serta komunitas fotografi.

4.Praktek

Semakin tinggi jam terbang anda dalam menggunakan kamera anda,semakin handal foto-foto hasil bidikan anda. Anda bisa melakukannya dengan hunting ke obyek-obyek yang berbeda supaya tidak
membosankan, seperti bangunan kolonial/tradisional (composition),sawah/pedesaan (landscape),pasar (human interest) atau pantai (silhouette).

Selamat beraksi….



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TIPS DASAR MENGUASAI FOTOGRAFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel